Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan satu dari dua pengebom bunuh diri berasal dari Suriah.

“Kami selalu mengatakan pada mitra bahwa kami menerima ancaman. Dan sekarang, kami tahu pengebom Besiktas berasal dari Suriah,” katanya dalam sebuah wawancara, seperti dilaporkan Huffington Post, Kamis (15/12).

Cavusoglu mengatakan hal tersebut meski kelompok Partai Pekerja Kurdistan (PKK) mengaku bertanggung jawab atas serangan Sabtu malam itu. Namun, Pemerintah Turki beranggapan Partai Demokrat Persatuan (PYD) yang merupakan cabang PKK di Suriah ikut serta bertanggung jawab atas serangan ini.

Awal pekan ini, polisi Turki melakukan serangkaian penggerebekan dan hasilnya 568 orang ditahan atas dugaan hubungan dengan gerilyawan Kurdi. Dalam penggerebekkan ini, dua anggota Partai Rakyat Demokratik Pro-Kurdi (HDP) ikut ditangkap.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menuduh HDP memiliki hubungan dengan PKK. Namun, partai pro-Kurdi pertama yang masuk parlemen tahun lalu ini membantah tuduhan tersebut.

Serangan bom kembar di Istanbul pada Sabtu kemarin terjadi tepat di luar Stadium Vodaphone Area. Akibat insiden ini, 44 orang tewas yang sebagian besar adalah petugas kepolisian. BEST PROFIT

Advertisements