Liu Miaomiao, pramugari maskapai Shenzhen, telah dinobatkan sebagai pramugari paling cantik sedunia dalam sebuah kompetisi yang diadakan di kota Shenzhen, Provinsi Guangdong, China Selatan, pada Juni lalu.

Liu yang lahir di Kota Xi’an, provinsi Shaanxi, memutuskan untuk menjadi pramugari enam tahun silam, setelah sebelumnya mengikuti pelatihan pramugari selama tiga bulan. Liu mengaku mendapatkan banyak pelajaran dari pelatihan tersebut sehingga merasa terpanggil untuk memilih pramugari sebagai pekerjaannya.

“Selain diajarkan tentang etiket, seperti cara senyum dengan menggigit sumpit, saya juga harus menguasai tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama proses penyelamatan darurat dalam kasus kebakaran kabin dan evakuasi. Sebab, kesalahan kecil saja bisa menyebabkan bencana besar,” kata Liu seperti dilansir dari laman Strait Times, Rabu (30/11).

Selama menjadi pramugari, Liu menyebut banyak sekali tantangan yang harus dihadapi, terutama saat menghadapi penumpang. Liu bercerita, pernah suatu kali penerbangan dari Beijing tertunda karena tidak mendapat izin lepas landas dari petugas bandara karena lalu lintas terlalu padat. Mengetahui hal tersebut, para penumpang menjadikan pramugari maskapai sebagai sasaran amarah.

“Saya dan rekan-rekan mencoba menjelaskan alasan keterlambatan kepada penumpang yang mulai marah dan kehilangan kesabaran. Saat itu saya menenangkan mereka dengan senyuman yang rupanya membuat mereka luluh. Di akhir penerbangan, beberapa penumpang meminta maaf kepada saya,” beber Liu.

Liu mengaku pekerjaan ini begitu membuatnya bangga. Dia ingin suatu hari bisa menginspirasi orang lain yang ingin menjadi pramugari melalui kisahnya. BESTPROFIT

Advertisements