Dulu, penyakit turunan tentu merupakan momok bagi para orang tua saat ingin melahirkan anak. Namun seorang dokter dari Meksiko dengan bantuan para ilmuwan dari AS, mampu menghasilkan teknik inovatif untuk mengatasi kelainan genetik yang bisa turun dari ibu ke anak.

Disebut sebagai ‘mitokondria sumbangan’ prosedur ini meliputi ‘dikupasnya’ sel telur inti pendonor yang mungkin akan menurunkan DNA buruk pada anak, namun tetap meninggalkan mitokondria secara utuh. Inti tersebut diletakkan di sel telur ibu lain yang potensial.

Hal ini membuat proses hamil ternyata harus melibatkan 3 orang. Ayah yang membuahi ibu, lalu sel telurnya dipindahkan ke ibu potensial.

Percobaan pertama ini berhasil, karena bayi pertama yang lahir menggunakan teknik ini terhindar dari penyakit ‘Leigh’, sebuah penyakit keturunan yang menyerang perkembangan sistem saraf.

Teknik ini masih dilarang di Amerika Serikat karena terlalu berisiko. Kebalikannya di Inggris, negeri Ratu Elizabeth tersebut memperbolehkan praktik ini dijalankan. Meski demikian praktik ini pun belum dijalankan di Inggris. BESTPROFIT

Advertisements