Sebuah senjata nuklir yang dijatuhkan ke tanah, biasanya tidak meledak, karena setiap senjata tersebut biasanya memiliki pengaman yang terpasang. Meski demikian, bukan berarti senjata tersebut tak berbahaya. Contoh terparah adalah yang terjadi di kota Almeria, Spanyol.

B-52G bomber yang membawa empat buah senjata nuklir, menjatuhkannya di daerah Palomares di perairan Selatan Mediterania. Senjata ini jatuh karena ada kecelakaan ketika mengisi bahan bakar di udara. Tujuh orang awak Amerika tewas.

Dua buah bom menghantam tanah dan pecah, meninggalkan area yang luas serta terkontaminasi dengan nuklir yang tentu berbahaya. Satu buah masih utuh, dan satu lagi mendarat di perairan Mediterania. Insiden ini akhirnya menghasilkan sebuah regulasi baru berupa pelarangan semua kargo nuklir dari Amerika di wilayah udara Spanyol.

Amerika dan Spanyol akhirnya juga sepakat untuk membersihkan tanah yang tercemar. Meski demikian, pemerintah Spanyol mendapat protes besar-besaran dari berbagai pemukiman dan pemilik lahan pertanian di area yang radiasi, dan tempat di mana angin membawa radiasi tersebut. BestProfit

Advertisements