Pada tahun 1961, sebuah reaktor nuklir yang berada di 65 kilometer dari air terjun Idaho, mengalami kebocoran nuklir pertama dalam sejarah Amerika Serikat. Hal ini merupakan satu-satunya kegagalan Amerika Serikat dalam mengelola nuklir yang sekaligus secara langsung merenggut korban.

Seseorang bernama Jack Bynes dan Richard Legg tewas di tempat. Richard Legg tewas dengan mengenaskan karena terjepit di langit-langit karena terpental sebuah benda logam. Korban lain bernama Richard McKinley pun meninggal tak lama setelah kejadian tersebut.

Karena kecelakaan tersebut regulasi dan prosedur terkait produksi energi nuklir benar-benar diperketat. Sejak itu tak pernah ada korban jiwa lagi.

Meski demikian, ada hal yang aneh terjadi di kasus ini karena prosedur dan regulasinya sebenarnya tak memiliki cela. Dugaan kuat terjadi sabotase oleh salah satu dari korban, karena permasalahan pribadi. Jika benar, hal ini adalah hal fatal bagi pengembangan nuklir di Amerika Serikat, pasalnya nuklir digunakan untuk kepentingan pribadi.

Advertisements